Sistem Jaminan Halal : Sebuah Jawaban bagi para Pemburu Makanan Halal

by 19.56.00 0 komentar


Banyaknya kasus pangan haram di pasaran seperti kasus Ajinomoto tahun 2001, merebaknya penjualan ayam tiren dan bakso ayam tiren tahun 2012, dan perdagangan daging celeng tahun 2011 semakin meningkatkan kegelisahan masyarakat akan status kehalalan makanan yang ada di sekitarnya. Hal ini menyebabkan masyarakat berbondong – bondong untuk cenderung membeli barang yang memiliki label halal dibandingkan yang tidak berlabel. Untuk mengatasi fenomena ini, Majelis Ulama Indonesia membentuk badan khusus untuk menangani masalah ini demi meningkatkan kualitas kehalalan pangan bagi masyarakat Indonesia. Badan yang diberi nama  Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPOM MUI). Lembaga ini bertugas dalam bidang pemeriksaan dan sertifikasi halal segalam macam produk yang dijual di pasar. Dalam proses dan pelaksanaan sertifikasi halal, LPPOM MUI melakukan kerjasama dengan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (Badan POM), Kementerian Agama, Kementerian Pertanian, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta sejumlah perguruan Perguruan Tinggi di Indonesia. Tujuan sertifikasi halal adalah untuk memberikan kepastian status kehalalan, sehingga dapat menenteramkan batin konsumen dalam mengkonsumsinya. Kesinambungan proses produksi halal dijamin oleh produsen dengan cara menerapkan Sistem Jaminan Halal.

Zaman era modern seperti saat ini masayarakat semakin paham dan sadar akan pentingnya menjaga dirinya masing – masing, terutama dalam pola makan. Masyarakat zaman sekarang lebih ‘kritis’ tentang produk makanan yang dijual dimana – mana. Banyak dari pemilik Usaha Kecil Menengah (UKM) menjadi lalai untuk meningkatkan kebutuhan masyarakat akan kualitas produk pangannya demi menjaga peningkatan penjualan produknya, padahal masyarakat sangat melihat dan mempertimbangkan kualitas makanan yang akan dikonsumsi untuknya dan keluarganya.

Indonesia merupakan negara dengan mayoritas muslim terbesar di dunia, akan tetapi produk berlabel halal yang dijumpai di pasaran belumlah mencakup semuanya. Banyak pengusaha yang cenderung malas untuk mengurus sertifikat jaminan halal produknya karena beberapa alasan, seperti keharusan mengisi dokumen dan sebagainya. Semestinya hal ini jangan dijadikan beban untuk para pengusaha tersebut, karena adanya  sertifikat jaminan halal pada produk justru malah dapat mendongkrak peningkatan penjualan produk. Dengan adanya sertifikat halal, maka produk akan diburu oleh konsumen yang  sebagian besar muslim karena adanya label halal dapat mengurangi kekhwatiran konsumen akan isi dari produk dan dapat meningkatkan kepercayaan konsumen akan produk yang dibelinya.

Oleh karena itu, dengan sertifikat halal pada produk, dapat memudahkan masyarakat dapdala pembelian produk tanpa khawatir karena setiap muslim wajib untuk mengkonsumsi makanan yang halal dan menjauhi makanan yang haram, seperti yang telah tertulis di Al – Qur’an :
يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِي الْأَرْضِ حَلَالًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ ۚ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ
Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik (sehat) dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu (Al Baqarah – 168)


DAFTAR PUSTAKA


A. Maudine N.

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html