ANTROPOMETRI LINGKAR KEPALA BAYI

by 00.14.00 2 komentar

Antropometri didefinisikan sebagai pengukuran variasi dimensi fisik dan komposisi dari tubuh manusia pada berbagai tingkat umur dan status gizi. Di zaman ini pengukuan antropometri digunakan secara luas untuk mengukur status gizi, baik pada individu, maupun populasi.
Pemantauan lingkar kepala sangat penting untuk mendeteksi sejak dini gangguan perkembangan otak dan gangguan lainnya. Karena, bila terlambat dalam mendeteksinya, akan memunculkan resiko yang lebih besar.

Parameter yang bisa digunakan untuk mengukur lingkar kepala adalah dengan memakai skala Nellhaus (1968). Ukuran kepala normal anak adalah sekitar 30-37 cm. pada umumnya, pertumbuhan lingkar kepala akan bertambah kira-kira 2 cm setiap bulannya pada usia 0-3 bulan. Sementara pada usia 4-6 bulan akan bertambah 1 cm per bulan, dan pada usia 6-12 bulan bertambah 0,5 cm per bulan. Lingkar kepala di bawah -2 SD disebut mikrosefali dan bila ukurannya di atas +2 SD disebut makrosefali.

Langkah-langkah pengukuran kepala ialah sebagai berikut :
1.      Pengukur barada di samping subyek
2.      Semua aksesoris subyek yang menempel di kepala harus dileps terlebih dahulu agar tidak mengganggu pengukuran
3.      Pita pengukur diletakkan di supraorbital (di atas alis), dan dilingkarkan pada kepala hingga bagian terbesar pada occiput (bagian belakang kepala) sehingga didapat diameter terbesar
4.      Kencangkan pita, namun jangan sampai terlalu menekan kepala dan baca hasil pengukuran dengan ketelitian 1 mm
5.      Dokumentasi hasil pengukuran











Referensi :

I Dewa Nyoman Supariasa,Bachyar Bakri,Ibnu Fajar,2001, Penilaian Status Gizi, Jakarta : EGC 2001

Matondang CS, Wahidiyat I, Sastroasmoro S, Penyunting. Diagnosis fisis pada anak. Edisi ke-2. Jakarta: Sagung Seto 2000

http://klinikbayi.com/2014/04/03/pertumbuhan-normal-ukuran-lingkar-kepala-bayi/





A. Maudine N.

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

2 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html